Audio, musik dan touch sound
merupakan salah satu faktor suksesnya sebuah aplikasi mobile terutama games
untuk menarik simpati para pengguna. Tanpa audio, games menjadi sunyi dan tidak
akan banyak meyakinkan para pengguna untuk menjajal aplikasi kita nanti.
Android API menyajikan beberapa contoh agar game yang kita develop mempunyai
latar background suara. Audio dapat kita buat sendiri, namun jika masih malas
teman-teman bisa mencarinya dan mengcapture audio di sumber-sumber lain yang
tentunya diperbolehkan untuk dipakai secara massal.
Artikel kali ini merupakan tutorial
berbasis Java pertama saya, yang akan menyajikan langkah-langkah
bagaimana membuat background audio pada games maupun aplikasi Android.
1. Persiapan
Buatlah sebuah project sederhana
dengan konfigurasi sebagai berikut :
Konfigurasi
Aplikasi
Download Sources +
Audio
Lanjut
ke Step 2 (Menambah tombol on/off)
Konfigurasi nama aplikasi,
maupun package bisa anda ubah sesuai keinginan. Sebagai informasi, project kali
ini hanya berupa satu blank activity.
2. Persiapan Audio
Android mendukung beberapa
format audio yang dapat digunakan oleh developer untuk mengisi background musik
aplikasi. Beberapa tipe format yang didukung adalah :
– .mp3
– .mid (midi)
– .wav (wave)
– .ogg (open source format) – rekomendasi penulis
Penulis merekomendasikan
penggunaan format .ogg karena selain tipe format tersebut yang bersifat open
source, ogg yang merupakan format dibawah naungan Xiph.org Foundation
ini juga memiliki kualitas yang sama bagus dengan format mp3. Ditambah dengan
ukuran file yang relatif sangat kecil.
Jika pembaca memiliki file
berformat .mp3, silahkan gunakan aplikasi Audacity untuk mengconvert menjadi
file berformat .ogg vorbis yang nantinya dapat kita gunakan untuk background
audio aplikasi / game kita.
3. Import Audio ke Project
Jika file audio berformat .ogg
Anda sudah siap. Selanjutnya kita akan mengimportnya ke dalam Android Project
pada Eclipse. Caranya:
- Buat sebuah folder baru
bernama ‘raw’, di dalam folder /res. Lihat gambar berikut :
Buat
Folder Raw
- Siapkan file audio lalu drag
ke dalam folder ‘raw’ di Eclipse,
Drag File
Audio
- Cek file audio yang telah Anda
import,
Cek File
Audio
4. MainActivity
Audio sudah kita import ke dalam
project. Langkah selanjutnya adalah menambahkan sedikit kode ke dalam
MainActivity.java di dalam folder /res. Fungsi yang kita pakai sekarang adalah MediaPlayer.
Berikut adalah full code yang bisa Anda copy paste ke MainActivity anda :
package
com.mkhuda.audiobackground;
import
android.media.MediaPlayer;
import
android.os.Bundle;
import
android.app.Activity;
import
android.view.Menu;
public
class MainActivity extends Activity {
//Mendefinisikan MediaPlayer sebagai
audioBackground
MediaPlayer audioBackground;
@Override
protected void onCreate(Bundle
savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main);
//Memanggil file my_sound pada folder
raw
audioBackground =
MediaPlayer.create(this, R.raw.my_sound);
//Set looping ke true untuk mengulang
audio jika telah selesai
audioBackground.setLooping(true);
//Set volume audio agar berbunyi
audioBackground.setVolume(1,1);
//Memulai audio
audioBackground.start();
}
}
Untuk memfungsikan
MediaPlayer, kita perlu mengimport android.media.MediaPlayer;
5. Testing
Jika kode diatas tidak tampil
notifikasi error pada Eclipse, silahkan jalankan aplikasi pada emulator atau
device Anda. Jangan lupa bunyikan suara plus volume pada Android. Tadaa..
aplikasi atau game Anda sudah bisa bernyanyi !